Dampak Konflik Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat Indonesia

Dampak Konflik Sosial Yang Terjadi Di Masyarakat


Konflik Sosial adalah bentuk interaksi antar dua kelompok yang berbeda, interaksi tersebut biasanya berupa persaingan, gesekan, perbedaan pendapat, pengancaman, atau pun perusakan. di Indonesia peluang untuk terjadinya konflik sosial sangat tinggi, ini di karenakan indonesia memiliki aneka ragam penduduk dan budaya.

Perbedaan tak selamanya dapat selaras, jika antar individu tidak dapat saling menghargai pendapat satu sama lain dan tidak bisa nya individu dalam menerima pendapat secara lapang dada maka dapat di pastikan akan terjadi gesekan berupa percek cokan dan berujung pada konflik sosial.

Berikut adalah penyebab dari konflik sosial :

- Perbedaan Individu

- Perubahan Sosial

- Budaya Berbeda

- Kepentingan dan Maksud yang berbeda


Dampak dari konflik sosial sendiri adalah :

A. Dampak Negatif

1. Perubahan Sikap Antar Individu

Perubahan ini meliputi kebencian, kemarahan atau saling curiga antar individu, jika sikap ini tidak segera untuk di akhiri maka akan timbul rasa cemas dan curiga yang dapat menjadi pemicu terjadinya konflik sosial.

2. Retaknya Hubungan Antar Kelompok

Keretakan hubungan antar kelompok biasa terjadi akibat perbedaan pemikiran atau pendapat antar kelompok, hal ini bisa ber efek timbulnya saling benci dan curiga sehingga peluang akan terjadinya konflik sosial akan lebih meningkat akibat gesekan antar kelompok seperti ini.

3. Jatuhnya Korban Jiwa Akibat Rusaknya Harta Benda

Masalah ini disebabkan oleh hilangknya atau rusaknya harta benda kelompok atau individu tertentu yang mengundang kemarahan atau kecurigaan, biasanya masalah ini akan cepat sekali meluas di kalangan kelompok dan dapat menimbulkan gesekan yang bisa saja mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, sebaiknya untuk segera menyelesaikan masalah ini karena akan sangat berdampak serius.

4. Mendominasinya Kelompok atau Individu Tertentu

Jika suatu kelompok atau individu sudah mendominasi di suatu lingkup masyarakat maka peluang terjadinya konflik sosial akan sangat tinggi, ini dikarenakan tidak seimbangknya toleransi dan rasa aman yang berkurang. jika salah satu kelompok atau individu sudah memiliki atau merasa kuat diantara yang lain maka ini akan menimbulkan gesekan dan dapat berujung pada konflik sosial.

B. Dampak Positif

1. Kemajuan Bermasyarakat

Konflik sosial juga dapat berefek positif diantaranya adalah majunya masyarakat dikarenanya seringadanya berbedaan dan persaingan yang sehat. jika setiap masyarakat dapat menyikapi perbedaan maka konflik sosial pun tak akan terjadi.

2. Rasa Solidaritas Meninggi

Jika ada perbedaan bisanya akan timbul juga rasa solidaritas, nah jika suatu kelompok  mengalami konflik biasanya akan terjadi saling rasa solidaritas yang tinggi, solidaritas ini dapat berupa rasa saling tolong menolong dan rasa empati yang tinggi antar individu dan ini merupakan dampak yang positif dalam bermasyarakat.

3. Membantu Membentuk Kepribadian

Konflik sosial yang berupa persaingan sehat akan membentuk suatu kepribadian yang baik dan sikap jujur akan meningkat antar kelompok atau individu.

Konflik Sosial sebenarnya dapat dicegah dengan memupuk rasa saling percaya dan tenggang rasa yang tinggi. serta toleransi yang harus selalu di jaga, karena konflik sosial biasa terjadi jika rasa toleransi sudah mulai berkurang antar kelompok maupun antar individu.

Komentar

  1. Kalau di negara kita, konflik sering terjadi karena orang orang pada bertanding interpretasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekurangan dan Kelebihan Kemasan Plastik, Kertas dan Kayu

Inilah Contoh Kasus Masyarakat Madani di Indonesia

Inilah Konsep 10 D dari Bygrave Mengenai Wirausaha